Cuti Bersama Dipangkas Pemerintah Dari 7 Hari Jadi 2 Hari

oleh

LAHANBERITA.com, JAKARTA – Sah! Pemerintah melalui menko PMK Muhadjir Effendy telah menetapkan atas perubahan cuti bersama 2021. Kalau sebelumnya cuti bersama 2021 adalah sebanyak tujuh hari, setelah dikaji ulang maka ditetapkan menjadi dua hari. Hal itu seperti tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sebagai Catatan, cuti bersama 2021 yang dipangkas yakni 12 Maret dalam rangka Isra Mikrja Nabi Muhammad SAW, kemudian 17-19 Mei dalam rangka idulfitri 1442 Hijriah, dan 27 Desember dalam rangka Natal 2021. Sementara cuti bersama yang tetap yakni pada 12 Mei dalam rangka Idulfitri 1442 Hijriah, dan 24 Desember dalam rangka Natal 2021.

Muhadjir menjelaskan, bahwa belajar dari pengalaman yang sudah-sudah tren kasus Covid-19 justru cenderung meningkat ketika masyarakat mendapatkan libur panjang. Dan melakukan kegiatan wisata yang menyebabkan kerumuman padat pada objek wisata atau tempat-tempat favorit yang dikunjungin oleh para wisatawan. Oleh karena itu pemerintah perlu meninjau kembali cuti bersama yang berpotensi mendorong arus pergerakan orang sehingga penularan meningkat.